Mutiara Hati

BERKACA PADA LINGKUNGAN

Posted on: June 30, 2011

Berada disini membuatku bisa melihat dan menilai sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dengan mereka.
Ketika mereka selalu mengeluh tentang masalah-masalah yang mereka hadapi, aku jadi lebih bersyukur akan masalah-masalah dihidupku. Karena setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya.
Ketika mereka menganggap diri mereka paling baik dan sempurna dalam segala hal, aku jadi bisa berkaca diri bahwa aku hanyalah manusia biasa yang tak memiliki sedikitpun kesempurnaan, karena aku masih sering salah dan khilaf.
Ketika mereka sering marah-marah karena sesuatu itu tak sesuai dengan keinginan mereka, aku jadi belajar untuk lebih sabar karena inilah hidup. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana, namun tujuan akhirnya hanya Allahlah yang bisa menentukannya.
Ketika kulihat mereka hanya berpura-pura ketulusan hatinya, aku jadi belajar untuk ikhlas dalam melakukan setiap hal yang sedang dan akan kulakukan.
Ketika kulihat kepalsuan yang mereka tonjolkan, aku jadi belajar agar selalu memberikan ketulusan dalam setiap tindakan.
Ketika yang mereka tampilkan hanya harta dan kekayaan dunia saja, aku jadi lebih belajar untuk untuk mensyukuri apa yang telah kupunya.
Aku banyak belajar disini, semuanya yang mereka perlihatkan dalam keseharian mereka membuatku bisa berkaca diri dan mengambil hikmah dan pelajaran. Bahwa hidup ini tak seindah yang terlihat dari luar, dan jangan lengah oleh keindahan dunia saja, karena itu akan membuatku lalai akan akhirat sana.
Ada disini mengajarkan aku banyak hal, tentang keikhlasan, ketulusan,kesabaran, dan rasa syukur yang tak henti-hentinya akan semua nikmat yang telah Allah berikan untukku.

Leave a Reply

